OUTBOUND

OUTBOUND

Outbound Training adalah bentuk pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka dengan pendekatan yang unik dan sederhana tetapi efektif karena pelatihan ini tidak sarat dengan teori-teori melainkan langsung diterapkan pada elemen-elemen yang mendasar yang bersifat sehari-hari, seperti saling percaya, saling memperhatikan serta sikap proaktif dan komunikatif.  Dimensi alam sebagai obyek pendidikan bisa menjadi laboratorium sesungguhnya dan tempat bermain yang mengasyikan dengan berbagai metodenya.

Sasaran Program Outbound

  1. Program Pelatihan Eksekutif (Executive Training Program) Program Pelatihan Eksekutif dirancang sebagai media untuk mengenal kemampuan diri (analisis internal), mengenal kondisi luar (analisis eksternal), menyusun berbagai strategi, mengkomunikasikannya dan mengimplementasikannya.
  2. Program Pelatihan Staff Administrasi (Administratif Staff Program) Program Pelatihan Staff Administrasi (Administratif Staff Program) dirancang sebagai media untuk mengenal kemampuan diri, dan kondisi lingkungan, serta sebagai media untuk mengembangkan kerjasama dan kualitas kinerja.
  3. Program Pelatihan Profesi (Profesion Training Program) Program Pelatihan Profesi (Profesion Training Program) dirancang sebagai media untuk mengenal kemampuan diri dan kondisi lingkungan, menyusun langkah kerja (strategi), melatih melakukan terobosan (inovasi), serta mengembangkan profesionalisme.
  4. Pogram Pelatihan Pemuda/ Pendidikan/ Organisasi (Youth/ Education/ Organitation Planning Program) Pogram Pelatihan ini dirancang dengan memanfaatkan berbagai tantangan dan petualangan yang menarik sebagai media untuk mengenal kemampuan diri (analisis internal), memformulasikan dan mengimplementasikan strategi, serta melakukan berbagai terobosan (inovasi) dan meningkatkan kemampuan bekerja dalam tim.

Bentuk Program

1. Outbound Training (Educational). Program Outbound ini umumnya memiliki tiga-empat sasaran, yaitu ; Team Building, Leadership, Self Mastery dan Value Internalisasi.  Pada Program Outbound Educational ini skenario program dibuat sesuai dengan tujuan dari masing2 Tema diatas sehingga sestiap simulasipun “insight learning” nya menyesuaikan dengan tujuan Program pelatihan Outbound yang dibuat.

2. Outbound Development.  Goal Program Outbound ini menekankan pada aspek pengembangan diri dan organisasi.  Agak berbeda dengan outbound pertama tadi, dimana dalam Development ini simulasi biasanya disertai dengan asesmen perilaku setiap peserta dan organisasi yang hasilnya bertujuan untuk pengembangan diri dan organisasi.

3. Outbound Therapy. Pada jenis Outbound ini,  skenario program dibuat bertujuan sebagai media therapy penyembuhan atas penyakit-penyakit tertentu seperti ketergantungan obat-obatan, Autis dan lain-lain.

4. Outbound Recreational . Jenis kegiatan Outbound ini akan banyak mempergunakan simulasi sebagai alat untuk mengenergize dan membawa suasana kegiatan semeriah mungkin.  Kegiatan bisa dilakukan dialam bebas (out door) maupun di ruangan tertutup (indoor) sebagai medianya.

Dari ke-empat jenis kategori Outbound diatas, tentu akan menentukan pula Investasi yang dibutuhkan oleh setiap lembaga atau perusahaan sebagai pengguna jasa Outbound.  Biasanya setia Provider Outbound akan membedakannya berdasarkan tingkat kesulitan yang berbasis pada knowledge nya dan juga pada propertinya.

Untuk Anda yang masih ragu dalam penentuan jenis kegiatan Outbound seperti apa yang hendak dipilih, silahkan kontak kami di HP/WA : 0896-3649-7427.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Best Partner For Your Adventure